SEMARANG – Kebutuhan akan alat berat dalam suatu kondisi memang sangat dibutuhkan untuk menunjang sebuah aktivitas tersebut, salah satu alat berat yang dibutuhkan pada saat kondisi tertentu seperti mati listrik atau menambah kekuatan listrik agar listrik tersebut bisa digunakan dalam konsumsi yang cukup besar adalah mesin genset. Mesin diesel sendiri banyak digunakan dalam berbagai kondisi karena memiliki beberapa kelebihan sehingga lebih dipilih oleh masyarakat Semarang untuk digunakan. Hal ini bisa dilihat sendiri dari bagaimana banyak berkembangnya toko-toko genset Semarang.

Pada dasarnya ada dua jenis genset yang banyak digunakan oleh masyarakat yaitu genset diesel dan juga genset bensin. Pada dasarnya perbedaan yang mana paling mendasar dari mesin diesel jika dibandingkan dengan mesin bensin adalah suatu komponen atau bisa dibilang pemicu ledakan yang ada pada ruang bakar. Jika mesin bensin tersebut ledakannya terjadi karena suatu kombinasi di antara busi, bahan bakar dan juga udara, sedangkan untuk genset diesel tidak seperti itu.

Untuk bisa memicu suatu ledakan di dalam ruang bakar, mesin diesel sendiri menggunakan suatu tekanan ataupun kompresi udara.  Hal pertama yang terjadi adalah udara tersebut melalui torak, kemudian nantinya akan dikompresi sampai mencapai tekanan dan juga suhu tertentu. Pada waktu yang sama, nantinya bahan bakar tersebut akan diinjeksi ke dalam ruang bakar. Pertemuan di antara kompresi udara dan juga bahan bakar tersebut yang nantinya memicu ledakan partikel solar, kemudian akhirnya akan menggerakkan komponen lain sampai ke roda. Dengan demikian perbedaan yang bisa dibilang paling mendasar dari mesin diesel dan juga bensin adalah jika pada mesin diesel tidak ada busi sedangkan mesin bensin menggunakan busi. Selain itu gensetdiesel memang lebih banyak diminati oleh masyarakat untuk Semarang digunakan karena memang memiliki beberapa kelebihan, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Usia Genset Diesel Lebih Panjang

Yang pertama adalah usia dari mesin diesel bisa dibilang lebih panjang karena mesin diesel sendiri pada umumnya dibuat dengan menggunakan suatu material yang memang lebih kuat. Material tersebut juga harus lebih kuat karena pada mesin diesel ini memiliki kompresi yang lebih tinggi. Kemudian suhu udara yang ada di dalam ruang bakar juga jauh lebih panas, dengan demikian dibutuhkan untuk bisa membakar solar secara maksimal. Ini bisa dicek dari pengalaman-pengalaman yang dibagikan toko-toko genset Semarang dalam menangani komplain.

Menghasilkan Torsi Lebih Tinggi

Kemudian genset diesel ini mampu untuk menghasilkan torsi ataupun kekuatan yang lebih tinggi dan juga lebih baik pada rpm yang rendah. Sebagai contohnya adalah mesin diesel dengan 4 silinder nantinya akan menghasilkan torsi yang sama dengan mesin jenis bensin dengan 6 silinder, meskipun biasanya tenaga kuda yang mana dihasilkan akan cenderung lebih rendah.

Lebih Ekonomis

Selain itu genset diesel juga lebih ekonomis karena bahan bakar yang dikonsumsi cenderung lebih sedikit. Hal tersebut karena pada umumnya genset diesel tersebut memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin. Selain itu harga dari bahan bakar mesin diesel juga relatif lebih murah.