Genset dalam hubungannya dengan penerangan memiliki peran yang sangat penting. Genset merupakan kombinasi dari dua kata,yaitu generator yang berarti pembangkit listrik sedangkan set artinya satu set. Generator set ini hadir dalam berbagai varian mulai dari yang berbahan bakar diesel, berbahan bakar solar, sampai pada yang menggunakan bahan bakar urine yang unik sekalipun. Oleh karena genset memiliki peran yang penting dan untuk mendapatkannyapun kita harus mengeluarkan biaya yang besar, maka kita perlu melakukan perawatan yang tepat. Perawatan tersebut bukanlah perawatan yang rumit karena walaupun jenis dan merk genset berbeda beda contohnya Genset Perkins 30 kva, Genset foton 30 kva, Genset fawde 30 kva, jenis perawatannya tetap sama dan untuk melakukannya kita tidak membutuhkan dana yang banyak.

Cek Sirkulasi Udara Terlebih Dahulu

Ya, pertama-tama langkah yang harus kita lakukan adalah dengan melakukan pengecekan sirkulasi udara dimana genset tersebut diletakkan. Sirkulasi udara ini berhubungan dengan aliran gas buang yang diproduksi selama proses pembakaran bahan bakar genset. Gas buang tersebut harus dikeluarkan melalui sirkulasi udara yang baik agar operator tidak keracunan dan mesin genset pun terkontrol dengan baik dan tidak gampang panas.

Operasikan genset dengan benar

Selain sirkulasi udara yang harus ada, proses pengoperasian genset dengan benar pun harus Anda pertimbangkan. Jika Anda adalah pemula, langkah yang harus Anda lakukan sebelum mengoperasikan genset adalah dengan membaca buku panduan dengan seksama. Atau, Anda juga bisa menanyakan bagaimana cara pengoperasian yang tepat kepada ahlinya. Salah dalam proses pengoperasian akan berdampak buruk pada keadaan mesin genset dan berpengaruh pada keawetannya.

Mematikan Mesin saat Dirasa Ada yang Kurang Tepat

Saat dirasa ada yang mengganjal dengan genset Anda ketika mesin dalam keadaan on, segera matikan genset saat itu juga. Beberapa contoh yang sering terjadi adalah suara kencang dan bising mendadak, atau getaran yang hebat pada badan genset. Jika kejanggalan tersebut terjadi, segera atasi dengan cara mematikan mesin genset pada waktu itu juga. Setelah mesin mati, Anda bisa melakukan pengecekan ulang pada tubuh mesin tersebut. Tiga cara praktis tersebut jika Anda lakukan secara rutin akan membantu menjaga keawetan mesin genset.