Lemari pakaian anak sederhana bisa dibuat dengan mudah. Selain lebih hemat, membuat lemari sendiri juga dapat menentukan kualiatsnya. Berikut ini cara untuk mebuat lemari pakaian anak karater sederhana.

Keuntungan Membuat Lemari pakaian anak karakter sendiri

Sebelum menuju ke bahan, alat, dan langkah membuat lemari, tentunya ada keuntungan dalam membuat lemari pakaian anak sendiri. Pertama tentunya hemat karena bahan-bahannya bisa didapatkan dengan mudah dan harga murah tanpa perlu membayar biaya pengerjaan. Selain itu lemari bisa dibuat sesuai dengan keinginan.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan tidaklah sulit untuk didapatkan yakni :

–          Multipleks 18 mm kurang lebih 3 lembar

–          Tripleks 6 mm satu lembar

–          Lem putih dan lem kuning (lem kayu)

–          Sekrup panjang 5-8 inchi

–          Engsel sendok atau engsel kupu-kupu

–          Rel khusus laci

–          Cat kayu

Adapun alat-alat yang dibutuhkan adalah.

–          Gergaji

–          Obeng atau bor listrik

–          Palu

–          Meteran

–          Pensil dan kertas ukuran besar atau kardus

–          Siku besi

Langkah Pembuatan

Pertama buatlah sketsa terlebih dahulu bisa menggunakan kardus bekas atau menyediakan kertas dengan ukuran yang sama dengan lemari yang akan dibuat.

Kedua potong triplek sesuai dengan sketsa yang telah dibuat. Jika ingin membuat almari dua pintu maka ada tiga potongan yang harus dibuat untuk bagian depan dan bagian belakang. Lengkapi dengan potongan bagian atas dan samping lemari.

Ketiga tambahkan komponen rak lemari sesuai dengan keinginan. Berilah jarak yang cukup agar mudah dalam menggunakannya nanti.

Keempat rakitlah semua potongan kayu kemudian rekatkan dengan lem kayu dan sekrup. Gunakan bor listrik untuk mendapatkan kuncian yang kuat. Setelah semuanya terbentuk jangan lupa untuk mengamplas seluruh bagian agar mendapatkan permukaan yang lebih halus.

Berikutnya tambahkan beberapa komponen yang umumnya ada pada lemari seperti gagang pintu dan kunci.

Terakhir adalah tahap finishing atau menghias. Bisa dengan cara dicat atau dilapisi sticker kesukaan anak-anak. Ini lah tahap terakhir membuat sendiri lemari pakaian anak.